Hal-hal yang dibutuhkan oleh bayi prematur

March 22, 2019
Bayi prematur adalah bayi yang terlahir lebih cepat dari bayi-bayilainya. Biasanya bayi normal lahir pada usia kehamilan 38-42 minggu, maka bayi prematur lahir sebelum usia kandungan mencapai 38 minggu. Bayi normal lahir dengan berat badan 2,5-3 kg, sedangkan bayi prematur terlahir dengan berat badan 0,5-2 kg. 

Faktor yang disebabkan bayi terlahir prematur sangat banyak. Dimulai dari gaya hidup yang mungkin kurang sehat selama kehamilan, mseperti minum-minuman yang mengandung alkohol, merokok, atau menggunakan obat-obat berbahaya, pola makan yang tidak teratur, sampai hal-hal diluar kendali seorang ibu hamil seperti infeksi, kelainan struktur rahim, faktor usia ibu hamil yang masih terlalu muda atau tua, ketidakseimbangan hormon, dan stres berat. 

Apabila bayi anda terlahir prematur sudah pasti anda terkejut, sedih dan khawatir. Hal ini wajar karena kelahiran yang terjadi lebih cepat dari yang dianjurkan, mungkin anda juga tidak memiliki banyak informasi mengenai bayi prematur. Berikut kebutuhan bayi prematur yang dapat membantu anda menjalin ikatan batin dengan bayi prematur : 



1. Terhindar dari kuman penyakit 

Cucilah tangan anda menggunakan gel antiseptik secara menyeluruh adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan ketika akan memasuki NICU (Neonatal Intensive Care Unit). NICU yaitu ruangan khusus yang ada pada rumah sakit untuk merawat bayi yang baru lahir sampai bayi berusia 1 bulan yang memerlukan perawatan dan pengobatan khusus dibawah pantauan dokter 

Seseorang yang masuk ke dalam NICU selain harus mencuci tangan menggunakan gel antiseptik juga diwajibkan mengguanakan pakaian khusus dari rumah sakit, ,melepas alas kaki mereka, meninggalkan persiasan. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga sesterilan ruangan dan juga menghentikan penyebaran penyakit ke semua bayi yang ada pada ruangan tersebut. 

2. Kehangatan 

Bayi prematur tidak mempunyai cukup lemak dibawah kulit yang dapat membantu mempertahankan suhu tubuh mereka. Kehangatan pada bayi prematur sangatlah dibutuhkan karena mereka beresiko mengalami hipotersi atau suhu tubuh rendah. Biasanya bayi prematur sering merasa kedinginan walaupun sudah dibungkus menggunakan selimut. 

Oleh karena itu, membutuhkan penghangat atau inkubator yang berguna untuk menjaga bayi supaya tubuhnya tetap hangat. Inkubator yaitu ruangan berdinding kaca yang suhunya dapat diatur supaya tetap hangat sekitar 35-36 derajat C. Inkubator ini berfungsi untuk mengurangi resiko kontak antara bayi prematur dengan seseorang dan lingkungan yang dapat menularkan kuman penyakit. 

3. kasih sayang 

Selama bayi prematur menjalani perawatan di NICU, bukan berarti orang tua harus dijauhkan dengan bayinya. Bayi prematur sangat membutuhkan kasih sayang orang tua yang akan membuat bayi dalam keadaan stabil, kuat dan sehat. Sentuhan lembut anda adalah cara yang paling istimewa yang dapat menenangkan, menguatkan jalinan kasih antara anda dan bayi anda.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔