Macam-macam topologi jaringan

March 22, 2019
Sebelumnya, apakah anda sudah tau apakah itu jaringan komputer? Ya jaringan komputer dapat diartikan sebagai suatu sistem untuk menghubungkan antara dua komputer atau lebih dalam jangkauan tertentu. Jaringan komputer dapat digolongkan menjadi beberapa macam. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian dan macam-macam jaringan komputer. Berikut jenis-jenis jaringan komputer beserta penjelasanya. 

Setiap jaringan komputer tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Setiap jaringan yang dipilih untuk digunakan tentunya berdasarkan tujuan dan biaya yang dimiliki oleh penggunanya. Berdasarkan topologi, berikut jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan topologi yang harus anda ketahui: 

· Topologi bus 


Jaringan komputer berupa topologi bus ini tergolong kedalam jaringan yang pertama kali banyak digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer. Topologi bus adalah topologi jenis topologi yang lebih sederhana dibandingkan dengan topologi yang lainya. Topologi bus ini hanya memerlukan satu kabel dan terminalnya, kemudian diakhiri denga satu terminator pada bagian akhir kabel. Apabila menggunakan topologi bus ini dapat mengurangi biaya karena teknologi ekonomis dan mudah dalam proses instalasi. 

· Topologi star 


Layaknya sebuah bintang, bentuk topologi star ini sama seperti bintang karena karena mempunyai node inti pada bagian tengah yang dihubungkan dengan node lainya. Setiap jenis- jenis jaringan komputer sudah pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan sama seperti topologi star ini. 

Kekurangan dari topologi star ini adalah apabila HUB pusat mengalami kegagalan atau kerusakan maka seluruh jaringan juga akan terpengaruh dan gagal untuk beroprasi, sedangkan kelebihanya adalah jika terdapat satu kabel yang rusaj atau putus jaringan masih tetap berjalan dan tidak menganggu keseluruhan komunikasi. 

· Topologi ring 


Jenis-jenis jaringan komputer yang dibedakan berdasarkan topologi lainya yaitu topologi ring, jaringan ini bisa menghubungkan beberapa komputer dalam suatu rangkaian yang berbentuk melingkar. Kelebihan dari topologi ring adalah biaya yang dibutuhkan untuk instalasi terjangkau, mudah untuk diimplemeentasikan, dan aliran data yang mengalir lebih cepat, sedanfkan kekuranganya adalah jika terdapat sartu kabel yang terputus maka akan membuat jaringan komputer gagal beroperasi. 

· Topologi tree 


Topologi tree ini dapat menghubungkan beberapa jaringan topologi star yang dihubungkan dengan topologi bus. Biasanya di dalam topologi ini terdapat beberapa jenis jaringan pada tingkat yang lebih tinggi sampai ketingkat yang yang lebih rendah. 

Kelebihan dari topologi ini adalah mudah untuk dikembangkan menjadi lebih luas, sedangkan kekuranganya adalah apabila pada tingkatan tertinggi terjadi kesalahan maka akan mempengaruhi komputer yang ada pada tingkatan bawahnya. 

· Topologi mesh 


Topologi ini adalah gabungan antara topologi star dengan topologi ring. Kelebihan dari topologi yaitu karena adanya berbgai jalur pengiriman untuk data maka anda tidak perlu khawatir jika terjadi tabrakan data, sedangkan kekuranganya dari jaringan mesh yaitu jaringan ini membutuhkan biaya yang cukup mahal karena proses instalasi pada jaringan ini sangat sulit dan membutuhkan kabel dalam jumlah banyak. 

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔